Pasti tak jarang kita bertanya tentang material mur-baut, sekrup
dan lainnya. Lebih bingung lagi, warnanya berbeda-beda. Bicara baut atau
mur, jika dicermati ternyata detail tampilan luar mewakili bahan,
terutama dilihat dari warna.
Yang umum dipakai di motor atau
dijajakan, baut warna agak gelap biasanya dari baja hitam. "Material ini
diyakini lebih kuat dari bahan lain. Untuk baut silinder head atau kruk
as. Karena lebih tahan panas mesin dan tidak gampang memuai,” papar
Agus Hadi Waluyo, mekanik tim ART (Astra Racing Team) di Pondok Gede,
Jakarta Timur.
Selain baja hitam, bahan baut atau mur ada yang
dari besi biasa. Secara kasat mata mengkilap seperti dikrom. Menurut
Wahyu, pedagang baut dan mur dari kios Jaya Baut di Jl. Raya Kukusan,
Depok ini, material besi biasanya dapat sentuhan akhir. Namun lama
kelamaan terlihat memudar dan karatan.
Kalau yang agak kekuningan
bukan berarti material pembuatnya dari kuningan. "Itu cuma sepuhan,
termasuk yang warnanya agak krom. Kalau material baja lebih kuat
ketimbang besi, hal itu karena proses bikinannya melalui tahap
pengecoran dalam kondisi baja masih cair lalu didinginkan. Sehingga
tidak ada rongga," imbuh Wahyu