Fungsi Oli Sepeda Motor

oli merupakan cairan atau pelumas yang fungsinya sangat fital dalam sistem kerja mesin,mengapa??? yuk kita urai fungsi oli dalam sistem kerja mesin. image oli sangat berguna dan dapat:
1) oli dapat mengurangi gesekan -setiap mesin bekerja di pastikan setiap komponen dalam mesin akan bergerak,dalam pergerakan nya di pastikan pula akan menimbulkan gesekan-gesekan yang akan membuat aus setiap bagian komponen mesin anda.nah disini lah fungsi oli yaitu sebagai penengah atau pelindung dari setiap gesekan.walaupun tidak menghalau gesekan 100% tapi fungsi oli dapat mengurangi gesekan tersebut. 2)sebagai pendingin -karna gesekan antara komponen tersebut di pastikan akan menimbulkan panas belum lagi pembakaran yang terjadi di dalam mesin akan menambah terjadinya panas.sebagai benda cair oli pun mampu meredam panas dalam mesin motor.
3)sebagai pencegah karat -salah satu fungsi oli juga sebagai pencegah karat yang terjadi di dalam mesin,karna dalaman mesin sebagian besar benda logam yang setiap saat karat siap menyerang.
4)peredam getar -walaupun tidak 100%,tapi oli juga berfungsi sebagai peredam getaran, karna oli memiliki kekentalan tertentu. atau sobat sekalian bisa menambahkan fungsi oli??? silahkan di share…