Fungsi Resonator Knalpot

RESONATOR adalah peredam kecil pada bagian knalpot yang terpasang berfungsi utama sebagai membantu meredam suara knalpot yang dihasilkan.
Resonator
Sesuai namanya, fungsinya meredam atau menyaring suara. & lokasinya berada setelah header atau juga biasa ditempatkan di belakang catalytic converter. Umumnya komponen ini sudah ada di mobil-mobil baru.
Selain meredam suara, resonator juga berguna menghasilkan back pressure (tekanan balik) gas buang,” ujar Mulyono, juragan Indo Jaya Knalpot, di jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.
Acap kali resonator dicopot lantaran menghambat gas buang dari pemilik mobil. “Sebaiknya jangan dilepas kalau mesin standar. Karena suara jadi besar, kecuali kalau memang pengin suara knalpot gede,” sahut Mulyono.
Mengenai kerusakan, sebenarnya mirip dengan tabung muffler. Namun, Prasetyo menemukan kejanggalan resonato di Toyota Kijang Innova yang berjumlah dua. "Orang mengeluhkan suaranya dengung. Ternyata di dalamnya gak ada peredamnya. Jadi saya ganti dengan resonator yang ada peredam," beber warga Kembangan, Jakbar ini.

  ©

Sepeda Motor Online. Blogspot.Com
- Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Renewable Energy | Topo